Walikota Minta Pemerintah Pusat Tak Asal Hapus Perda

Foto : CP-06 PARIPURNA. Walikota Cirebon, Nasrudin Azis nampak menyampaikan tanggapan dalam rapat paripurna, Selasa (14/6) di Griya Syawala.

Foto : CP-06
PARIPURNA. Walikota Cirebon, Nasrudin Azis nampak menyampaikan tanggapan dalam rapat paripurna, Selasa (14/6) di Griya Syawala.

KEJAKSAN – Terkait penghapusan ribuan Peraturan Daerah oleh Presiden RI, khususnya yang berkaitan dengan investasi, menurut Walikota Cirebon jangan asal hapus. Pasalnya, Perda investasi tak sekedar hanya untuk kemudahan semata, melainkan pentingnya memperhatikan estetika, keamanan dan juga ketertiban. Dan yang terpenting pengawasan atas pembangunannya, harus dikedepankan.

Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH kepada Cirebonpos, Selasa (14/6) mengungkapkan, paripurna kali ini, kata dia, menyempurnakan raperda yang sedang di bahas. Dimana, kata dia, peraturan daerah mana saja yang di anulir atau bertentangan dengan ketentuan-ketantuan dari pemerintah pusat. Jadi, dirinya mengaku belum tahu dan belum bisa menyampaikan kepada masyarakat. Akan tetapi, yang pasti tidak ada perda yang perlu di hapus. Dan terkait perijinan, kata dia, harus ada pengawasannya. Inti dari peraturan perijinan itu adalah dalam rangka untuk melakukan pengawasan terhadap hal-hal yang ada di Kota Cirebon ini. Kalau hal itu tidak ada konsekuensinya, pihaknya harus mendapatkan cara lain di dalam melakukan pengawasan dan kontrol tehadap pembangunan yang terjadi di Kota Cirebon agar tidak liar. Dan Pemerintah Kota Cirebon merumuskan teknik kontrol dan pengawasannya apabila hal itu dihapuskan oleh pemerintah pusat.

“Agar tidak berbenturan dengan aturan yang di pusat, khususnya dalam perizinan, makanya kita harus sesuaikan. Jangan sampai, sudah dibuat nanti dihapuskan pemerintah. Yang terpenting kontrol atas pembangunan di Kota Cirebon tidak liar,” paparnya.

Jangan sampai, kata dia, berdalih mempercepat investasi tapi kemudian tidak memperhatikan hal-hal lain yang menyangkut estetika, keamanan di dalam ketertiban dan sebagainya. Pihaknya akan mencari untuk kontrolnya itu seperti apa, apabila hal itu dihapuskan.

“Kalau hanya sebatas mempercepat investasi tapi tidak memperhatikan yang lain, kan repot,” ungkapnya. (CP-06)

 

Be the first to comment on "Walikota Minta Pemerintah Pusat Tak Asal Hapus Perda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*