Tingkatkan PAD, BKD Pasang Tappping Box dan Komputer Kasir FPOS

Foto : CP-06
CEK APLIKASI PAJAK. Kepala BKD, H Maman Sukirman saat mencoba aplikasi pajak di salah satu tempat makan, Rabu (9/8).

KEJAKSAN – Badan Keuangan Daerah (BKD) pagi tadi melakukan lounching Tapping Box dan Komputer Kasir FPOS kepada beberapa wajib pajak restoran di Kota Cirebon. Hal tersebut sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Cirebon dengan transparansi di setiap transaksi dalam pajak restaurant. Mekipun baru 16 tempat makan dan restaurant yang di pasang aplikasi tersebut.

Kepala BKD Kota Cirebon, H Maman Sukirman, kepada Cirebonpos, Rabu (9/8) mengungkapkan, Tapping Box dan Komputer Kasir FPOS sebagai langkah awal Pemerintah Kota Cirebon untuk menerapkan sistem online monitoring terhadap pajak daerah. Dimana, kata dia, hal itu  akan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah. Kemudian, lanjut dia, para wajib pajak akan terus bertambah dalam pemasangan Tapping Box dan Komputer Kasir FPOS.

“Dengan Tapping Box dan Komputer Kasir FPOS bisa ada peningkatan PAD karena akan terlihat semua pendapatan restaurant. Saat ini baru 16 wajib pajak yang dipasang Tapping Box dan Komputer FPOS,” ungkapnya.

Seperti diketahui, kata Maman, para wajib pajak yang dipasang Tapping Box adalah, Jamblang Ibu Nur, Empal Gentong Krucuk, Jamblang Mang Dul, Nasi Lengko H Barno, RM Seafood Kliwon, RM Seafood H Moel Cipto, RM Seafood H Moel Kalibaru, dan Empal Gentong Ibu Dharma. Kemudian, yang dipasang Komputer Kasir FPOS, adalah Exelco CSB Mall, RM Pringgodani, Ayam Goreng Bahagia, Restoran cahaya, Cafe Markas dan Steak Al Gift.

Target pajak restorant Kota Cirebon, lanjut Maman, sebesar Rp 24 miliiar. Dan sampai bulan Agustus ini, kata dia, sudah Rp20 miliiar atau sekitar 84 persen. Dirinya berharap pemasangan Tapping Box dan Komputer FPOS pajak akan terlihat lebih transparan, sehingga pendpaaran bisa meningkat.

“Wajib pajak di Kota Cirebon tidak bisa bermain. Sehingga kewajiban membayar pajak lebih transpara,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Asep Deddi mengatakan, pemasangan Tapping Box dan Komputer Kasir FPOS agar bisa terwujud transparansi dan efisiensi dalam pengelolaan pajak daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Alat tersebut, kata dia, dapat merkeam semua transaksi yang akan terlihat besarnya pajak yang akan masuk dalam kas Kota Cirebon.

“Semoga program Smart City dengan adanya Tapping Box dan komputer kasir bisa terwujud,” tuturnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Tingkatkan PAD, BKD Pasang Tappping Box dan Komputer Kasir FPOS"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*