Tinggal Kejaksan, Disdukcapil Pastikan Stok E-KTP Aman

Foto : CP-06
PENYERAHAN E-KTP. Nampak masyarakat sedang mengambil E-KTP di Kecamatan Lemahwungkuk, Rabu (6/12).

LEMAHWUNGKUK – Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cirebon kembali melakukan pembagian KTP Elektronik (E-KTP). Setelah sebelumnya pembagian E-KTP dilakukan di kecamatan Harjamukti, Kesambi, dan Pekalipan, pagi tadi, dilakukan pembagian di Kecamatan Lemahwungkuk, Rabu (7/12).

Untuk diketahui, dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota cirebon telah membagikan E-KTP pada kecamatan lemahwungkuk sebanyak 300 keping, Kecamatan Harjamukti 599 Keping, Kecamatan Pekalipan 175 keping, Kecamatan Kesambi 428 keping, dan besok di Kecamatan Kejaksan sekitar 200 keping.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sanusi mengatakan,  dalam pembagian E-KTP ini, Ada beberapa kategori, yakni warga yang baru rekam, KTP hilang, KTP rusak, dan warga pendatang. Dirinya mengakui bahwa stok blanko E-KTP masih aman dimana masih ada sekitar 2000 keping. “Sampai dengan januari mudah-mudahan masih aman. Terakhir datang hari sabtu kemarin tambahan 2000 keping blanko lagi, untuk antisipasi akhir januari ya minimal akhir desember,” ungkap Sanusi kepada Cirebonpos.

Sanusi menjelaskan, sampai dengan hari ini, Waiting list pembuatan E-KTP tinggal 7500. Dari Ketersediaan 2000 keping, jika sudah terpakai dan tinggal sisa 500 kepeing, pihaknya akan kontak ke kementrian maupun provinsi untuk penambahan blangko E-KTP.

“Masyarakat dimohon bersabar karena insya allah semua warga akan terlayani dengan baik dalam pembuatan E-KTP,” jelasnya.

Saat disinggung mengenai KTP anak, sanusi menuturkan pembuatan KTP anak tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang. Data KTP anak, kata dia, berasal dari data akte lahir mereka yang sudah memiliki akte lahir. Anak yang diwajibkan memiliki KTP anak merupakan identitas anak usia 0-18 tahun.

“KTP anak sama seperti KTP, cuma tidak ada cipnya aja. Manfaatnya kedepan akan dipikirkan yang penting anak memiliki identitas dulu. Kalau anak hilang jika memiliki identitas kan enak,” tuturnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Tinggal Kejaksan, Disdukcapil Pastikan Stok E-KTP Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*