Tekan Kekerasan Pada Perempuan dan Anak, Dinsos Gelar Seminar

Foto : CP-06
SEMINAR. Dinas Sosial gelar seminar anti kekerasan perempuan dan anak, Rabu (22/2) di ICC.

‪KEJAKSAN – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cirebon menggelar seminar Three Ends dalam rangka Stop Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Stop Perdagangan Orang, dan Stop Kesenjangan Ekonomi Terhadap Perempuan, Rabu (22/2) di Islamic Center Cirebon pagi tadi. Dinas Sosial juga mengklaim kekerasan terhadap Perempuan dan Anak pada tahun 2016 mengalami penurunan. Adapun kekerasan terhadap perempuan di Kota Cirebon lebih banyak disebabkan oleh faktor ekonomi dan lingkungan. Sedangkan kekerasan terhadap anak disebabkan karena teknologi dan pergaluan.

‪Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Jamaludin kepada Cirebonpos mengungkapkan, tercatat hanya ada 40 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak pada 2016. Tahun lalu, kata dia, jumlah kekerasan terhadap perempuan dan anak mengalami penurunan, dan mudah-mudahan tahun depan ini kembali ditekan jumlahnya dengan di bantu oleh lembaga-lembaga masyakat seperti P2TP2. Kemudian, kata dia, banyak faktor yang menyebabkan kekerasan tersebut terjadi, untuk kekerasan terhadap perempuan di Kota Cirebon lebih banyak disebabkan oleh faktor ekonomi dan lingkungan. Sedangkan kekerasan terhadap anak disebabkan karena teknologi dan pergaluan.‬

‪”Banyak faktor, ada dari faktor ekonomi, sosial, pergaulan bahkan teknologi, jadi banyak yang terjadi dari faktor-faktor tersebut,” ungkapnya‬.

‪Masih kata Jamal, untuk menekan angka tersebut, pihaknya bekerjasama dengan lembaga lembaga masyarakat untuk mengedukasi kepada asyarakat agar tidak melakukan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Lembaga itu juga, kata dia, berfungsi sebagai tempat konsulitasi dan kontrol di masyarakat agar hal itu tidak kembali terjadi.‬

‪”Kami minta kepada lembaga masyarakat seperti P2TP2 untuk bergerak ke masyarakat, mengedukasi sekaligus konselor untuk mereka yang mengalami kekerasan terhadap perempuan dan anak. Lembaga itu yang ada di masyarakat maka harus bermanfaat untuk masyarakat,” jelasnya‬. (CP-06)

Be the first to comment on "Tekan Kekerasan Pada Perempuan dan Anak, Dinsos Gelar Seminar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*