Sidak, Disperindag Akui Masih Banyak Toko Modern Tak Sesuai Ketentuan Harga

Foto : CP-02
SIDAK. Kepala Disperindag Kabupaten Cirebon gelar sidak ke beberapa toko modern soal harga tertinggi, Senin (18/12).

CIREBON – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cirebon turun lapangan sebagai tindak lanjut dari rapat melalui video conference yang dipimpin langsung oleh Kapolri RI yang menugaskan kepada setiap daerah untuk melakukan monitoring terhadap pelaksanaan harga eceran tertinggi khususnya beras, minyak goreng dan gula pasir. Rombongan tim Disperindag yang dipimpin langsung oleh Deny Agustin selaku Kepala Disperindag yang didampingi oleh pihak kepolisian melakukan monitoring terhadap beredarnya barang yang diduga sudah masuk dalam masa kadaluarsa yang bisa membahayakan bagi masyarakat di beberapa toko modern.

“Ada temuan di salah satu toko medern yang menjual daging beku lebih dari Rp80 ribu. Padahal, dalam aturan yang ada daging beku tidak boleh dijual lebih dari Rp80 ribu. Juga, masih terdapat barang kadaluarsa yang masih dijual,” ungkap Deny Agustin, Senin (18/12).

Diitemukan pula pihaknya, makanan kaleng dengan kondisi yang sudah rusak dan sudah seharusnya barang tersebut di retur. Karena dimungkinkan terjadinya kebocoran sehingga masuknya bakteri dan rusaknya makanan didalamnya. Bahkan, masih terdapat toko modern yang belum berkomitmen terkait dengan pemasangan spanduk informasi mengenai dijualnya barang-barang yang telah ditentukan menurut standar tertinggi oleh pemerintah. Sehingga, dengan tidak adanya spanduk informasi masyarakat membeli dengan barang harga yang tinggi.

“Tindak lanjut dari temuan hari ini akan dibuatkan berita acara dan diberikan teguran bagi toko tersebut untuk dapat mematuh harga eceran tertinggi yang sudah ditentukan oleh pemerintah,” jelasnya.

Dari bentuk temuan itu, kata dia, sementara dicatat dan saat ini dalam pembinaan pihaknya. Bila tidak mengindahkan teguran, Disperindag akan ada tindakan lebih lanjut. Dirinya pun berharap, menjelang natal dan tahun baru harga bisa stabil dan tidak terjadi lonjakan harga. Pihaknya tidak menginginkan terjadi bahan makanan yang membuat dampak keracunan bagi masyarakat dari produk yang dijual.

“Untik stock beras dan gula aman di akhir tahun ini dan di Kabupaten Cirebon harga akan stabil,” paparnya.

Sidak tersebut dilakukan di tiga toko modern yang berada di Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon sebagai langkah awal untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan menjelang Natal dan tahun baru. (CP-02)

Be the first to comment on "Sidak, Disperindag Akui Masih Banyak Toko Modern Tak Sesuai Ketentuan Harga"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*