Selama PPDB Online, Sekolah Swasta Selalu Sepi Peminat

Foto : CP-06 DAFTAR. Salah satu orang tua bersama anaknya saat mendaftar ke Widya Utama, Selasa (12/7).

Foto : CP-06
DAFTAR. Salah satu orang tua bersama anaknya saat mendaftar ke Widya Utama, Selasa (12/7).

KESAMBI – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk siswa SD, SMP, dan SMA yang belum merata saat ini. Harus menjadi perhatian khuusus bagi Pemerintah Kota Cirebon, khususnya Dinas Pendidikan selama pelaksanaan PPDB Online. Pasalnya, tidak adanya pemerataan siswa di sekolah swasta. Apalagi imbas dari overloadnya siswa di sekolah negeri setiap tahun, membuat sekolah swasta sepi pendaftar. Salah satunya di Widya Utama, pada 2015 saja hanya tersisa 7 siswa. Untuk tahun, ini meski masih tidak banyak berharap, tetap menunggu selesainya PPDB sekolah negeri.

Panitia PPDB Widya Utama (Widut) Kota Cirebon, Devy Setiawati SPd kepada Cirebonpos, Selasa (12/7) mengungkapkan, pihaknya mengakui dari mulai akhir April kemarin setelah pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sudah mulai mempersiapkan PPDB di SMK dan SMA Widya Utama. Meski dengan persiapan jauh-jauh hari, tetap saja siswa yang mendaftar melalui jalur reguler ini masih sedikit. Dimana, kata dia, hanya 1 hari 1 siswa sampai 2 siswa saja yang mendaftar. Saat ini, kata dia, baru 9 siswa yang mendaftar di hari ke-2 pendaftaran jalur reguler. Dari siswa yang mendaftar, sebagian warga kota ada juga kabupaten dan dari paket. Biasanya, kata dia, yang mendaftar di Widut akan ramai setelah pengumuman penerimaan di sekolah negeri. Di SMK Widut mengalami penurunan jumlah siswa dimana pada Tahun 2015 kemarin hanya 9 siswa saja.

“Dari 9 siswa, terus keluar 2 siswa, sehingga siswa yang naik dari kelas 10 ke 11 hanya tinggal 7 siswa. Penurunan terparah terjadi di tahun 2015 kemarin, padahal tahun-tahun sebelumnya bagus,” ungkapnya.

Dan biasanya, lanjut dia, siswa yang daftar ke Widut benar-benar dari alamamater kakabya atau saudaranya. Meski demikian, pihaknya tetap berharap banyak yang daftar ke Widut. Dan, untuk di sekolah negeri jangan banyak-banyak menerima siswanya. Apalagi sampai melebihi batas kuota yang sudah ditentukan.

“Kami tetap berharap masih banyak pendafatar setelah PPDB di sekolah negeri selesai. Jangan terus melebihi kuota terus,” paparnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Selama PPDB Online, Sekolah Swasta Selalu Sepi Peminat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*