Selain Perizinan PT Inti, Forum Pedagang Kanoman Desak Pihak Keraton Selesaikan Soal Sewa Tanah

Foto : CP-06
Pasar Kanoman Cirebon.

PEKALIPAN – Selain kurang terbukanya PT Inti Utama Raya selaku pengembang Pasar Kanoman, persoalan internal Keraton Kanoman juga semakin menguat atas sewa lahan di lokasi pasar tersebut. Atas hal tersebut, Forum Pedagang Kanoman meminta agar segera ada penyelesaian karena akan berdampak serius kepada masyarakat, khususnya para pedagang.

“Jangan sampai pembangunan Pasar Kanoman dibangun diatas tanah sengketa. Sebaiknya harus diselesaikan dahulu internal keratonnya,” ujar Ketua Forum Pedagang Kanoman, Paulus Mulyanto kepada Cirebonpos, Rabu (11/10).

Paulus menyebutkan, masalah sesungguhnya adalah bukan pada rencana lokasi pasar darurat, melainkan persoalan internal keraton yang akan berdampak besar kepada warga dan pedagang baik didalam ataupun diluar pasar. Kemudian, lanjut dia, persoalan warga toko dengan PT Inti hanya meminta itikad baik untuk membuat MoU dengan warga dan menunjukkan dokumen perijinan atas pasar darurat. Namun, semua itu belum dilakukan oleh PT Inti dan tidak ada itikad baik.

“Semoga yang terbaik untuk Pasar Kanoman,” katanya.

Masih kata Paulus, beberapa kali audiensi dengan pihak terkait dan dewan, nyatanya masih belum ada titik temu penyelesaian masalahnya. Pihaknya dengan pedagang dan masyarakat kecil hanya tegantung kepada yang punya lahannya. Karena, bagaimana mungkin pasar dibangun diatas tanah sengketa.

“Tidak akan mungkin pembangunan pasar akan bisa dimulai, jika internal keraton masih bergejolak. Ya kasian pedagang,” tuturnya.

Dirinya berharap, agar semuanya berjalan dengan baik bagi pedagang yang jualan didalam pasar atau yang di kaki lima. Karena semua satu atap keluarga pedagang Kanoman. Dirinya mengingatkan, jika surat ke tiga yang dilayangkan ke PT Inti tetap tidak direspon, berarti itikad baik semua akan gugur bagaimana pihaknya bisa mempercayai seseorang yang mengabaikan warganya.

“Kalau ada masalah internal kemudian dibangun, Perumda Pasar apa mau terus memaksakan diri itu. Kenapa tidak diselesaikan dahulu,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Selain Perizinan PT Inti, Forum Pedagang Kanoman Desak Pihak Keraton Selesaikan Soal Sewa Tanah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*