RIP Sudah Diterima, Pelindo Ngaku Tinggal Susun Amdal

KEJAKSAN – Rencana Pengembangan Induk Pelabuhan (RIP) Cirebon akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat inj. Hal tersebut berdasarkan kepastian ditandatanganinya Rencana Induk Pelabuhan (RIP) oleh Menteri Perhubungan. Bahkan, pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Cirebon sudah menyerahkan RIP ke pihak PT Pelindo II Cirebon. Sehingga, PT Pelindo II diminta untuk segera menindaklanjuti dengan pembuatan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) agar percepatan pembangunan bisa segera dilakukan.

Untuk mempercepat proses pengembangan Pelabuhan Cirebon, Dinas Perhubungan Jabar bahkan bakal membentuk tim percepatan pengembangan Pelabuhan Cirebon, yang akan melibatkan semua pihak dari mulai di tingkat pusat sampai daerah.

General Manager PT Pelindo II Cirebon, Solihin mengungkapkan, dengan sudah diterimanya RIP, pihaknya akan segera menyusun Amdal. Namun, kata dia, dalam proses menyusun Amdal tidak bisa diprediksi waktu selesainya.

“Untuk menyusun Amdal, paling tidak membutuhkan waktu 6 bulan sampai 1 tahun, “ kata Solihin seusai serah terima jabatan Kepala KSOP Pelabuhan Cirebon di salah satu hotel di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Senin (13/11).

Selain Amdal, lanjut Solihin, sejumlah perizinan juga harus dipenuhi dalam upaya pengembangan pelabuhan. kemudian, studi kelayakan yang sudah disusun tahun 2014 lalu juga harus direvisi. Karena dipastikan semua komponen harga berubah. Namun demikian, dirinya memastikan bahwa dari aspek perencanaan konstruksi pengembangan Pelabuhan Cirebon tidak akan berubah.

“Pastinya, karena harga-harga berubah. Namun, alokasi anggaran untuk pengembangan Pelabuhan Cirebon tahap awal yang semula dialokasikan Rp 3 triliun pasti naik kebutuhannya,” paparnya.

Solihin optimis, bahwa proses untuk merealisasikan rencana pengembangan Pelabuhan Cirebon bisa secepatnya dilakukan. Karena, kata dia, Dishub Jabar memastikan bakal membentuk Tim Percepatan Pengembangan Pelabuhan Cirebon.

Sementara itu, Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH mengatakan, pemerintah kota akan komitmen dengan akan all out membantu upaya percepatan pengembangan Pelabuhan Cirebon.

“Kabar sudah disetujuinya RIP Cirebon tentu sangat menggembirakan. Makanya, tidak ada lagi alasan bagi Pemkot Cirebon untuk tidak membantu memperjuangkan pengembangan Pelabuhan Cirebon, “ ujar Azis,

Azis mengatakan, pengembangan Pelabuhan diharapkam bisa menjadi tonggak perekonomian Kota Cirebon. Tentunya, dengan keberadaan pelabuhan dipastikan sangat besar baik penyerapan tenaga kerja maupun arus barang yang datang dan bangkitan ekonomi Kota Cirebon.

“Pelabuhan itu memiliki potensi besar sebagai simpul perdagangan lintas pulau, bahkan lintas negara,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "RIP Sudah Diterima, Pelindo Ngaku Tinggal Susun Amdal"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*