Peringati HUT ke-67 Polairud, PLTU Kembali Bagikan Asuransi Gratis Bagi Nelayan Cirebon

Foto : CP-06
ASURANSI NELAYAN. Nampak Direktur Pol Airud Jabar dan Direktur Cirebon Power (PLTU) membagikan asuransi kepada para nelayan secara simbolis, Selasa (5/12).

HARJAMUKTI – Cirebon Power (PLTU Cirebon) dan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Pol Airud) Polda Jawa Barat untuk ke enam kalinya menggelar Program Asuransi Gratis Bagi Nelayan, Selasa (5/12).

Penyerahan asuransi dilakukan secara simbolis yang berbarengan dengan Syukuran Hari Ulang Tahun ke 67, Korps Pol Airud, yang berlangsung sederhana di Cirebon. Sepuluh orang perwakilan nelayan dari 10 desa hadir untuk menerima program perlindungan nelayan ini. Tahun 2017 ini 3000 nelayan dari kawasan pesisir Cirebon kembali menerima asuransi, sehingga program ini telah dirasakan manfaatnya oleh 15.000 nelayan. Dengan skema Asuransi Kecelakaan Diri (AKD), nelayan yang mengalami musibah akan menerima santunan Rp 10,000,000 untuk korban meninggal dunia, dan 1 atau 5 juta rupiah bagi korban yang mengalami cidera.

Salah satu nelayan Desa Kanci Kulon Misnen, mengaku antusias mendaftarkan diri untuk mendapat asuransi gratis ini. Sebelum adanya program ini, dirinya selalu khawatir jika tertimpa musibah, namun asuransi yang diberikan oleh PLTU secara gratis sangat bermanfaat baginya.

”saya selalu was-was kalau tertimpa musibah, semoga dengan asuransi ini, secara psikologis bisa agak tenang’ ujarnya

Direktur Cirebon Power, Teguh Haryono kepada awak media mengatakan, komitmennya untuk terus terlibat dalam program perlindungan nelayan, namun dirinya pun mengundang pihak-pihak lainnya untuk turut terlibat agar dampak program asuransi nelayan semakin luas.

“Nelayan adalah tetangga terdekat kami. Tentu kami akan selalu berupaya bisa bermanfaat bagi nelayan. Asuransi ini hanyalah salah satu program kami untuk nelayan. Kami juga rutin memberikan bantuan alat tangkap, pendampingan ekonomi, dan juga pemeliharaan lingkungan bersama,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Polisi Air dan Udara Polda Jawa Barat, Kombes Suwarto menuturkan  program asuransi gratis untuk nelayan adalah bentuk kemitraan Polri dengan masyarakat untuk membantu bila nelayan tertimpa musibah. Namun di sisi lain, kata dia, trend kecelakaan di perairan pada tahun 2017 yang cenderung menurun. Dimana, lanjut dia, sepanjang tahun 2016 terjadi
67 kecelakaan. Namun, hingga November 2017 tercatat 40 kecelakaan.

“Kami berharap angka ini tidak bertambah lagi hingga akhir tahun. Untuk itu kami juga rutin menghimbau nelayan untuk tidak memaksakan diri melaut bila cuaca buruk,” pungkasnya. (CP-06?

Be the first to comment on "Peringati HUT ke-67 Polairud, PLTU Kembali Bagikan Asuransi Gratis Bagi Nelayan Cirebon"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*