Pelindo Sebut Pengembangan Pelabuhan Butuh Dorongan Kepala Daerah

Foto : CP-06
Deputi Hukum dan Pengendalian Internal Pelindo Cirebon, Iman Wahyu.

LEMAHWUNGKUK – Pembangunan Pelabuhan Cirebon pasca ditandatanganinya Rancangan Induk Pelabuhan (RIP) oleh mentri perhubungan pada awal tahun 2018 mendatang akan dilaksanakanakan. Meski demikian, Pelindo mengaku butuh dukungan dan dorongan Kepala Daerah agar pembangunan Pelabuhan Cirebon lebih cepat.

“Semua perijinan sedang ditempuh, Kita sudah mengajukan ke direksi untuk melanjutkan secepatnya, tetapi lebih bagus lagi kalau ada dorongan dari kepala daerah, itu akan lebih baik,” Kata Deputi hukum dan pengendalian internal, Pelindo Pelabuhan Cirebon, Iman Wahyu kepada awak media di Aula Muarajati Pelindo Cirebon, Rabu (6/12).

Iman mengungkapkan, sebenarnya tahun 2017 ini, rencana pembangunannya. Namun, karena tahun ini baru ditandatangani RIP nya, maka, paling lambat pertengahan tahun. Pasalnya ketika RIP sudah selesai, pasti perizinan yang lainnya sedang berjalan seperti amdal, semuanya sedang berjalan prosesnya juga.

“Proses perijinan sedang berjalan seperti, amdal dan izin lainnya, dan itu butuh waktu mas,” ungkapnya.

Iman menyebutkan, target pengembangan dan pembangunan serta pengoperasiannya terencana akan terwujud pada tahun 2020 mendatang. Kemudian, lanjut dia, dalam prosesnya dilakukan secara bersamaan, yang artinha seluas 50 hektare dikerjakan dalam waktu yang sama.

”Yang dibangun pertama adalah dermaga, dimulai dengan pengerukan dan pemasangan tiang pancang hingga kedalamam 9 meter. Ya kurang lebih ada tiga dermaga untuk kapal dengan beban diatas 20 ribu ton,” jelasnya.

Iman menuturkan, untuk saat ini Pelabuhan Cirebon baru bisa masuk kapal dengan kapasitas 140-200 peti kemas, nanti jika sudah dikembangkan bisa muat kapal muatan peti kemas dengan beban 5 ribu ton.

”Ya kedepan Cirebon-Singapura dapat dilakukan di Pelabuhan Cirebon. Karena Pelabuhan Cirebon mempunyai keuntungan tidak terkena dampak rob,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Pelindo Sebut Pengembangan Pelabuhan Butuh Dorongan Kepala Daerah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*