Pelindo Ngaku Kontrol Bongkar Muat Batu Bara Sangat Ketat

Foto : CP-06
PENYIRAMAN. Nampak mobil tangki air melakukan penyiraman bekas debu bongkar muat batu bara di Pelabuhan Cirebon.

KEJAKSAN – Setelah sebelumnya Kepala Kantor Kesyahbandaran Pelabuhan (KSOP) Cirebon mengakui sudah memberi teguran kepada Pelindo dan pengusaha bongkar muat batu bara. Hal tersebut direspon oleh pihak Pelindo yang mengaku sudah melakukan peningkatan kontrol atas debu batu bara di Pelabuhan.

Humas Pelindo II Cirebon, Yossianis Marciano kepada Cirebonpos, Jum’at (11/8) mengatakan, pihaknya memastikan bahwa telah melakukan peningkatan penyiraman air secara berkala kepada aktivitas bongkar muat batu bara. Sejak mulai musim panas dan angin kencang, dikatakannya, sudah pasti dilakukan penyiraman secara maksimal sehingga debu tidak berterbangan.

“Peningkatan penyiraman air pasti dilakukan. Karena angin kencang dan sudah musim panas,” ungkapnya.

Selain penyiraman, Yosi menjelaskan, penyapuan pun pihaknya lakukan, sampai dengan mobil-mobil truck di semprot air sehingga kondisi basah dan tidak menghasilkan debu. Kemudian, lanjut dia, dari teman-teman APBC sendiri sudah memberikan bantuan mobil tanki penyemprot air untuk meminimalisir debu yang ada di jalan.

“Pengawasan semakin diperketat. Ketika mobil itu mau keluar membawa batu bara, penyiraman juga lebih intens,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya pun berencana akan menyewa alat penyedot debu, namun, masih dalam proses. Karena jika anggaran cocok, maka akan dimanfaatkan untuk menyewa alat tersebut. Saat disinggung terkait bongkar muat bahan baku semen, yakni clingker serta bahan baku gypsum dirinya menyebutkan, bahwa clingker datangnya tidak seperti batu bara. Dimana setahun tidak lebih dari beberapa kali, kalau dibutuhkan pabrik semen, maka clingker akan datang.

“Clingker dan bahan baku gypsum sangat jarang, tidak seperti batu bara,” ucapnya.

Untuk clingker tidak bisa dilakukan penyiraman karena, lanjut Yosi, akan menjadi keras dan untuk gypsum sendiri, cara bongkar muatnya pun perlahan-lahan dan tidak menghasilkan banyak debu karena sifatnya lengket.

“Semua sedang dimaksimalkan untuk meminimalisir debu. Sehingga debu tidak sampai kepada masyarakat,” tandasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Pelindo Ngaku Kontrol Bongkar Muat Batu Bara Sangat Ketat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*