Pedagang Mulai Resah, Proses Pembangunan Pasar Kanoman Belum Ada Kejelasan Pengembang

Foto : CP-06
Pasar Kanoman Cirebon.

PEKALIPAN – Belum adanya kejelasan dari PT Inti Utama Raya selaku pengembang atas rencana pembangunan Pasar Kanoman ditambah persoalan internal kertaon kanoman. Pasalnya, selain belum adanya sosialisasi dari PT Inti kepada para pedagang, waktu pembangunan pasar darurat pun tidak jelas kapan akan dimulai. Atas hal tersebut, para pedagang mulai resah akibat tidak jelasnya pelaksanaan pembangunan.

Salah satu Pedagang Kain Pasra Kanoman, Tomy kepada Ciebonpos mengatakan, sampai saat ini, belum ada kejelasan kapan pasar akan dibongkar dan kapan pedagang bisa menempati pasar darurat. Bahkan, waktu yang pasti untuk pembangunan pasar, pihaknya belum mengetahui dan yag ada selalu mundur lagi dan mundur lagi. Dirinya menyesalkan sikap PT Inti yang belum pernah ada sosialisasi kepada para pedagang.

“Masa sosialisasi dari Perumda Pasar saja. Sementara PT Inti sebagai pengembang kemana,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Tomy, masalah internal keraton jika terus bergejolak dan tidak segera ada penyelesaian akan berimbas kepada pedaganag. Dirinya mengakui permasalahan internal memang sudah sejak lama seperti ini. Apalagi nanti ketika pasar sudah dibongkar, diajukan gugatan, akan sangat kerasa akibatnya kepada pedagang.

“Jangan dibangun dulu sebelum semua permasalahan selesai, kasihan para pedagang,” ujarnya.

Senada disampaikan Pedagang Kain lainnya, Yofi mengatakan, dirinya menyesalkan PT Inti belum pernah datang berbicara dengan para pedagang. Semua belum ada kepastian, bahkan banyak pedgaang yang belum mengetahui harga sewa kios. Semua pedagang disini pun mengaku kebingungan. Dirinya sebagai pedagang merasa kebingungan. Dirinya sudah 23 tahun berdagang pasar kanoman, dimana merasa khawatir dengan adanya permasalahan internal keraton yang akan berimbas langsung kepada pedagang,

“Pedagang sudah terpikirkan imbas dari permasalahan internal keraton. Saya harap jangan dibangun dulu sebelum permasalahan selesai,” katanya.

Para pedagang ketakutan, jangan sampai semua bangunan diratakan pedagang pun tidak jelas nasibnya. Saat ini, kata dia, sangat berbeda dengan dahulu. Dimana 20 tahun lalu atas pembangunan Pasar Kanoman sudah sangat jelas konsepnya dan pasar darurat pun sudah disiapkan.

“Sekarang, darurat aja belum ada apalagi mau dibangun. Semua hanya katanya-katanya saja,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Pedagang Mulai Resah, Proses Pembangunan Pasar Kanoman Belum Ada Kejelasan Pengembang"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*