Negatif, BNN Gelar Tes Urine 135 PNS di Dishub Kota Cirbon

KESAMBI – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon melalukan tes urine kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Rabu (6/12). Hasil tes tersebut, 135 PNS dinyatakan negatif penggunaan narkoba dan obat-obatan lainnya.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, BNN Kota Cirebon Sidik Lingga Kusuma mengatakan, pihaknya melakukan tes urin pegawai Dishub sejumlah 135 orang. Dimana, kata dia, dari semua yang menjalani tes urin itu hasilnya negatif, tidak ada yang terindikasi menggunakan narkoba dan obat-obatan terlarang.

“Kami lakukan tes urin kepada 135 orang, semua hasilnya negatif tidak ada yang terindikasi baik narkoba maupun obat-obatan,” ujar Sidik kepada Cirebonpos.

Sidik menyebutkan, ada beberapa PNS yang hasi tes urinnya buram. Namun, lanjut dia, buram tersebut ada beberapa penyebab antara lain, alatnya yang invalid, sehingga apabila ada hasil yang buram. Kemudia, pihaknya melakukan dua kali tes dengan mengganti alat tes, sehingga hasilnya dapat terlihat dengan jelas.

“Ada yang tegas positif, ada yang tegas negatif. Tetapi kami lakukan tes kedua kalinya, dan semuanya negatif mas,” ujarnya.

Sidik menambahkan, dari sejumlah pegawai yang dites urinnya itu, terdapat tujuh orang yang dalam kondisi mengkonsumsi obat berketarangan dokter. Sehingga pihaknya hanya mencatat jenis obat tersebut. Kemudian, lanjut Sidik, pemeriksaan urin ini dilakukan di semua SKPD di lingkungan Pemkot Cirebon dimana sebelumnya telah dilakukan tes urine terhadap pegawai BKPPD, Dishub, Dinas Damkar, serta dinas lain yang belum terjadwalkan.

“Kita kontrol SKPD ini harus bersih dari pengguna narkoba. Ini program BNN yaitu tes urin untuk instansi pemerintahan,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Negatif, BNN Gelar Tes Urine 135 PNS di Dishub Kota Cirbon"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*