Meski Tak Lengkap, Gerindra dan PAN Tetap Daftarkan Pasangan Siswandi-Euis

Foto : CP-06
TETAP DAFTAR. Pasangan Siswandi-Euis didampingi pengurua dan kader Gerindra serta PAN tetap mendaftar ke KPU, Rabu Malam (10/1).

LEMAHWUNGKUK – Meskipun DPP PKS tidak mengeluarkan rekomendasi dan mengaku Abstain untuk pasnagan Calon Walikota dan Wakil Walikota Cirebon yang diusung oleh Koalisi Umat (PKS, PAN, dan Gerindra). Namun, pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota yang direkomenndasi oleh Gerindra dan PAN, yakni Siswandi dan Euis Fetty Fathayati tetap mendatangi Kantor KPU untuk melakukan pendaftaran, Kamis (11/1)

Siswandi dan Euis datang ke KPU didampingi oleh Pengurus dan Kader DPC Gerindra serta PAN tepat pada Pukul 23.30 WIB. Akan tetapi, karena tidak adanya rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPP PKS, tepat Pukul 24.00 WIB tim pemeriksa berkas syarat pencalonan partai politik dinyatakan ditolak dan dikembalikan.

Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani mengatakan, semua pihak sudah menyaksikan dua partai politik (PAN dan Gerindra) datang untuk mendaftarkan bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cirebon. Akan tetapi, kata dia, dikarenakan aturan UUD yang mengatur bahwa 20 persen dari jumlah kursi di DPRD Kota Cirebon dan saat ini partai politik yang memiliki kursi di DPRD.

“Kami belum bisa menerima. Akan tetapi, kami memberikan apresiasi sebesarnya kepada Siswandi dan Euis,” ungkap Emir saat memberikan penjelasan hasil dari tim pemeriksa KPU.

Emir menyebutkan, pihaknya sudah sampaikan sejak awal dimana menginginkan 8 pasangan 3 calon independen dan 5 calon dari partai politik. Itupun selama memenuhi pihaknya akan menerima. Kemudian, lanjut dia, KPU sebagai penyelenggaran pemilu beserta panwas memberikan apresiasi atas kehadiran PAN dan Gerindra.

“Kami apresiasi atas kehadiran Partai Gerindra dan PAN, walaupun hasilnya tidak maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Cirebon, Dani Mardani mengatakan, tepat pada pukul 23.30 WIB pihaknya tiba di KPU Kota Cirebon dan sangat bersyukur disambut dengan baik oleh komisioner KPU, yang telah menunggu dari rencana awal pukul 19.30 WIB. Kemudian, karena suatu hal, sampai pada pukul 23.00 WIB rekomendasi pun tidak kunjung datang dari PKS yang berada di Kolaisi Umat.

“Kami sudah konfirmasi, bahwa PKS abstain atau tidak menerbitkan surat rekomendasi calon,” ungkapnya.

Masih kata Dani, pihaknya hadir ke KPU untuk tetap mendaftarkan pasangan bakal calon. Namun, sampai pihaknya tiba dan diterima oleh KPU, kemudian diverifikasi. Akan tetapi, kata dia, baru masuk kepada verifikasi surat persetujuan pengusungn bakal calon Siswandi dan Euis hanya mengantongi dua rekomendasi saja, yakni PAN dan Gerindra dengan hanya total 6 kursi.

“Karena aturan yang berlaku, dari itulah KPU tidak melanjutkan proses administrasi. Sehingga KPU memutuskan tidak menerima berkas pasangan calon yang kami usungm Jadi, kami meminta berita acara penolakan pendaftaran yang akan kami laporkan ke DPW dan DPP,” jelasnya.

Senada disampaikan, Calon Walikota Cirebon, Siswandi mengatakan, dirinya bangga atas semangat yang telah ditunjukan oleh partai pengusung, yakni PAN dan Gerindra. Namun, dirinya sangat menyesalkan komitmen itu ternyata tidak mudah. Apalagi membangun kebersamaan ternyata mudah diucapkan sulit untuk di laksanakan, sehingga Koalisi Umat ternyata kondisinya seperti ini.

“Saya bangga masih ada partai yang memiliki komitmen yang sangat kuat, yaitu PAN dan Gerindra,” ujarnya.

Siswandi menyebutkan, jangan semua pecah dan jangan berbuat semaunya karena suatu tujuan. Akan tetapi, kata dia, semua ini kehendak yang kuasa dengan hasil seperti ini. Dirinya sangat berterima kasih kepada PAN dan Gerindra.

“Saya bangga sampai hari ini dengan partai pengusung. Dan saya pastikan belum keluar uang 5 perak pun untuk partai koalisi,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Meski Tak Lengkap, Gerindra dan PAN Tetap Daftarkan Pasangan Siswandi-Euis"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*