Lebihi Batas Waktu Pendaftaran, KPU Kembalikan Berkas PDIP

Foto : Ist
MENDAFTAR. Nampak pengurua DPC PDIP Kota Cirebon mendaftar dan ditemui Komisioner KPUD, Rabu (11/10).

LEMAHWUNGKUK – KPU Kota Cirebon saat ini telah menerima partai baru yang sudah memenuhi syarat maupun belum memenuhi syarat. Hari ini, KPU mengembalikan berkas pendaftaran PDIP karena sudah melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. Meskipun ditemui langsung komisioner KPUD, namun tetap saja PDIP belum di cek berkas pendafataranya. Namun demikian, KPUD memastikan kelengkapan pendaftaran dari Perindo dari beberapa parpol yang sudah maupun yang belum mendaftarkan diri.

Ketua KPU Kota Cirebon melalui Divisi Hukum, DR Sanusi SH MH mengatakan, tepat pada hari ini PDI Perjuangan resmi mendatangi KPU, namun, sudah melewati batas waktu penerimaan berkas. Sehingga, kata dia, KPUD tidak bisa menerima berkas tersebut. Masih kata dia, adapun dokumen yang harus segera diserahkan ke KPU Kota Cirebon adalah nama anggota parpol yang disusun berdasarkan kelurahan di setiap Kecamatan dengan jumlah keanggotaan minimal 325 anggota. Selanjutnya salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) Parpol dan salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau Surat Keterangan. Kemudian jumlah KTA, KTP Elektronik, atau pun Surat Keterangan, harus sama dengan daftar nama anggota Parpol baik hardcopy maupun sistem informasi partai politik. Pasalnya, demi memfasilitasi Parpol dalam penyerahan dokumen tersebut, KPU Kota Cirebon telah membentuk tim yang terdiri dari komisioner, kasubag, dan staff. Penyerahan dokumen keanggotaan Parpol pun dilakukan oleh petugas penghubung yang memang diberi mandat oleh Parpol. Sehingga, selain membawa dokumen, petugas penghubung pun harus pula membawa surat mandat dari Parpol sebagai bukti bahwa dirinya adalah petugas penghubung dari Parpol.

“Berkas yang belum lengkap akan diserahkan kembali kepada Parpol untuk dilengkapi dan diserahkan ulang dengan batas akhir pukul 24.00 WIB pada tanggal 16 Oktober. Maka kami mengingatkan kepada Parpol bahwa waktu penyerahan berkas keanggotaan tinggal 5 (lima) hari lagi,” paparnya.

Pihaknya juga menghimbau agar partai politik untuk segera menyerahkan salinan bukti keanggotaan partai politik yang dimulai pada 3 Oktober sampai dengan 11 Oktober, terdata sampai saat ini baru satu partai politik yang memenuhi syarat yakni partai Perindo yang memenuhi berkas di KPU Kota Cirebon dari 4 partai politik yakni Perindo, PDIP, Gerindra dan PSI. Sedangkan untuk dua partai politik lainnya yang datang pada, Selasa (10/10) yang terdiri dari satu partai yang belum dapat dibuka aplikasi sistem informasi partai politik, sedangkan, untuk partai Gerindra sendiri belum memenuhi syarat karena tidak sesuai dengan data sistem informasi partai politik.

“Penyerahan dokumen di mulai dari tanggal 3 sampai dengan 15 Oktober 2017 pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Pada hari terakhir, yaitu tanggal 16 Oktober 2017 waktu penyerahan di mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 24.00 WIB,” pungkasnya. (CP-02)

Be the first to comment on "Lebihi Batas Waktu Pendaftaran, KPU Kembalikan Berkas PDIP"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*