Kwarda Optimis Kwarcab Kota Cirebon Jadi Pioner Nasional

Foto : CP-02 SARASEHAN. Kwarcab Kota Cirebon gelar sarasehan bareng Ketua Kwarda Jabar di Balaikota.

Foto : CP-02
SARASEHAN. Kwarcab Kota Cirebon gelar sarasehan bareng Ketua Kwarda Jabar di Balaikota.


CIREBON – Dalam rangka memberikan pembekalan kepada  anggota pembina pramuka Kota Cirebon. Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) menggelar sarasehan bersama Ketua Kwarda Jawa Barat H Dede Yusuf M Efendi dan Ketua Kwarcab Kota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH di Balaikota Cirebon. Kwarda Jabar meminta agar Kwarcab Kota Cirebon lebih inovatif, kreatif dan menjadi pioner dalam segala hal.

Selaku pembicara, kang Dede sapaan akrab Dede Yusuf, menurutnya, organisasi pramuka memiliki nilai kekeluargaan yang luar biasa dan memiliki loyalitas yang tinggi serta tidak dibatasi oleh kepentingan didalamnya. Dimana dalam acara tersebut, kata dia, dimaksudkan untuk ajang silaturahmi dan bertukar pikiran sehingga menjadi hal yang penting sebagai penyambung kandungan atas nilai-nilai kekeluargaan bersama pengurus Kwarcab Kota Cirebon.

“Kegiatan ini dalam rangka menjaga silaturahmi dan kekeluargaan pengurus pramuka Kota Cirebon,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu kader-kader pramuka mungkin akan menempati jabatan yang penting didaerah. Sehingga, kata Kang Dede, kader pramuka mampu menarik untuk mengisi pembangunan melalui kader yang menjadi kepala daerah. Selanjutnya, kata dia, pramuka mampu menjadi informan terkait kehidupan sosial. Ia pun  menghimbau, kepada Ketua Kwarcab Kota Cirebon sekaligus Walikota Cirebon menargetkan agar menjadi yang terbaik ditingkat nasional. Juga dalam sisi bantuan pemerintah kepada pramuka pun harus diberi penekanan, karena pemberian bantuan oleh pemerintah kepada pramuka ditiap tahun sesuai dengan surat yang dikeluarkan oleh Mendagri.

“Khusus Kota Cirebon harus mampu membuat inovasi yang baru dibandingkan daerah-daerah yang memiliki wilayah terbuka hijau. Kota Cirebon lebih giat lagi membuat kegiatan pramuka didalam kota yang memanfaatkan lahan yang ada. Karena terkendala dilahan terbuka (hutan, red) sejauh ini,” ungkapnya.

Pramuka masih kata Dede, harus menjadi ujung tombak untuk melahirkan gagasan-gagasan ruang tak terpakai menjadi areal kreatif. Dirinya juga berharap, semoga Kwarcab bisa ikut terangsang agar mampu membuat inovasi baru yang disesuaikan keadaan Kota Cirebon. Dilanjutkan pramuka harus mengedepankan nilai-nilai kerelawanan untuk kemanusiaan dan juga harus membengun bangsa dengan ekspresif, kreatif, dan produktif.
Sementara itu, Kwarcab Kota Cirebon, Nasrudin Azis SH mengungkapkan, kehadiran ketua Kwarda  ke Kota Cirebon untuk bertukar pikiran dan juga memberikan kiat-kiat sebagai ajang peningkatan kemampuan dan keterampilan. Gerakan pramuka juga, kata dia, harus berperan aktif dalam aktivitas pembangunan mental dan fisik juga membangun peran dalam pembangunan Kota Cirebon.

“Pramuka penuh diisi oleh orang-orang kreatif, dan saya kedepanya akan membuat program yang disesuaikan dengan keadaan kota,” ungkapnya. (CP-02)

Be the first to comment on "Kwarda Optimis Kwarcab Kota Cirebon Jadi Pioner Nasional"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*