Kumpulkan SKPD, DKIS Gelar FGD Cirebon Satu Data

Foto : CP-06
FGD CIREBON SATU DATA. DKIS nampak memaparkan terkait dengan Cirebon Satu Data lewat Forum Group Discussion (FGD) bersama perwakikan para SKPD di Kantor DKIS, Kamis (7/12).

KESAMBI – Bidang Statistik pada Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon menggelar Focus Group Discussion (FGD) Cirebon Satu Data. FGD tersebut dihadiri oleh perwakilan seluruh SKPD yang bertempat di kantor DKIS Jalan By Pass Kota Cirebon, Kamis (7/12).

Kepala Bidang Statistik Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik, Tri Helvian kepada Cirebonpos mengatakan, Focus Goup Discussion Cirebon Satu Data merupakan acara untuk membangun komitmen dalam pengumpulan data menjadi satu wadah pada bidang statistik DKIS. Karena satu data tersebar di semua SKPD. Setelah nanti terbangun komitmen, pihaknya akan melakukan identifikasi data yang kemudian dikelompokan data mana saja yang dikelola masing-masing SKP

“Kami mengidentifikasi data dan mengelompokkan data tersebut sesuai SKPD yang ada. Dan kami pun akan menyediakan form data yang dikelola dan data yang di kumpulkan,” ungkapnya.

Tri mengakui, kalau data dan tata kelola sudah semua siap, akan mudah mengelolanya. Cirebon Satu Data, kata dia, memiliki momentum percepatan dengan Cirebon Smart City dimana cirebon satu data bagian dari program Smart  ity. Untuk menata kelola bisa jadi ada payung hukum apakah itu melalui Perwali ataupun Perda.

“Dengan data dipusatkan, kita bisa ngelink ke berbagai instansi. Nantinya data Kota Cirebon termasuk yang ada di SKPD pengelolanya ya di DKIS,” jelasnya.

Tri menuturkan  baik SKPD maupun masyarakat untuk mencari data cukup melihat di DKIS. Karena semua terpusat di DKIS, walaupun memang data mentah ada di SKPD yang masuk ke sistem ada pengolaan serta pengklasifikasikan. Sehingga, keluar sudah berupa data bersifat statistik yang ada di DKIS. Statistik ada tiga klasifikasi statistik dasar wilayah BPS, statistik sektoral wilayah pemerintah daerah, statistik khusus wilayah perorangan.

“Kita ini masuk statistik sektoral yang muatan lokalnya sangat banyak. Kami harapkan data selengkap mungkin yang pasti akan di pergaharui terus. Kami optimis 2018, data akan bisa dikelola dengan baik melalui teknologi,” tuturnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Kumpulkan SKPD, DKIS Gelar FGD Cirebon Satu Data"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*