Kontrak Segera Habis, Parumda Pasar Kumpulkan Perwakilan Para Perdagang Pasar Pagi

KESAMBIPasar Pagi Kota Cirebon yang ditempati ribuan pedagang tersebut direncanakan akan segera direnovasi oleh pihak Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Berintan. Pasalnya, masa kontrak pedagang akan habis pada akhir Maret 2018 mendatang. Sehingga, harus ada perpanjangan kontrak penempatan pasar hingga 10 tahun mendatang.

Atas dasar itulah, Perumda Pasar Berintan memanggil perwakilan pedagang untuk diberitahukan soal pembayaran perpanjangan kontrak hingga 10 tahun mendatang. Hasil pembayaran kontrak tersebut, nantinya Perumda Pasar akan merenovasi dan memperbaiki kondisi Pasar Pagi.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Berintan, Akhyadi SE mengatakan, hasil pertemuan ini nanti akan dibentuk tim yang dibentuk dari Ikatan Pedagang Pasar (IPP). Tim tersebut akan diwakili masing-masing pedagang yang membahas soal harga los/kios dan perwakilan tersebut nantinya memberitahukan kepada seluruh pedagang di Pasar Pagi.

“Masalah harga nanti ada tim kecil mewakili pedagang, baik itu sembako, basahan, beras, ayam, buah-buahan. Semua aspek harus ada yang terwakili,” ujar Akhyadi usai pertemuan di kantor Perumda Pasar Berintan, Kamis (14/12).

Akhyadi mengungkapkan, agar pedagang tak terpengaruh soal isu harga ataupun renovasi dari pihak lain. Sebab, kata dia dikhawatirkan bisa terjadi salah persepsi, yang akhirnya menimbulkan konflik, akan tetapi mencari informasi itu ke tim yang dibentuk IPP Pasar Pagi.

“Rencananya renovasi akan dimulai setelah kontrak dengan pedagang selesai. Yang jatuh tempo kepemilikannya akhir bulan Maret 2018,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, hasil pembayaran perpanjangan kontrak selama 10 tahun tersebut nantinya Pasar Pagi akan direnovasi. Dari mulai pengaspalan, keramik, pengecatan, drainase, parkir, talang atap, listrik, rolling door dan beberapa item lainnya yang kondisi rusak dan kumuh akan diperbaiki. Para pedagang juga akan memiliki surat izin pemakaian tempat usaha (SIPTU) selama 10 tahun.

”Makanya, kami memberitahukan informasi kepada pedagang. Kami ingin keterbukaan dan transparan kepada pedagang soal harga kios, dan los. Nanti tinggal dihitung berapa sewa kios/los,” jelasnya

Akhyadi menyebutkan, Pasar Pagi ditempati sekitar 653 unit kios, dan 582 unit los. Total keseluruhan ada sekitar 1235 unit pedagang di Pasar Pagi. Apabila pedagang sudah membayar perpanjangan kontrak hingga 50 persen, maka akan renovasi baru dimulai.

“Kalau untuk renovasi Pasar Pagi saya kira Rp 2-3 miliar pasti keluar. Dan saya kira renovasi pun kisaran 3-5 bulan bisa segera selesai,” tuturnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Kontrak Segera Habis, Parumda Pasar Kumpulkan Perwakilan Para Perdagang Pasar Pagi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*