Komisioner Jabar, Tuding Pemkab dan DPRD Terlantarkan Komisi Informasi Daerah

Foto : CP-02
WORKSHOP. Komisi Informasi Jabar bekerjasama dengan Diskominfo Cirebon gelar Workshop Keterbukaan Informasi Publik, Rabu (11/10) di Aula Kantor setempat.

SUMBER – Workshop Keterbukaan Informasi kerjasama Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat dengan Pemkab Cirebon yang dilaksanakan di gedung Dinas Komunikasi dan Informasi, Rabu (11/10). Dalam kesempatan tersebut, komisioner Komisi Informasi Jabar sindir Pemkab Cirebon dan DPRD yang menelantarkan keberadaan Komisi Informasi Daerah, yang mengakibatkan tidak berdaya.

Ijang Faisal selaku Komisioner Komunikasi Informasi Bidang Sosialisasi Jawa Barat menuturkan, Komisi Informasi Kabupaten Cirebon berada diposisi dilematis, terutama dalam aspek anggaran yang minim. Dikatakan pula olehnya, terbentuknya Komisi Informasi Kabupaten Cirebon atas dasar inisiatif dewan yang membuat Perda pada tahun 2010 dan pada tahun 2013 dibentuk komisi informasi yang hingga saat ini tidak diberdayakan oleh pemerintah Kabupaten Cirebon.

“Saya cukup aneh dengan perhatian pemerintah daerah, terutama DPRD yang punya inisiasi Perda tapi gak perhatiin sama sekali keberadaan Komisi Informasi,” paparnya.

Sementara itu, saat ini Diskominfo Kabupaten Cirebon telah mengajukan surat ke Komisi Informasi bertujuan untuk meminta salah satu komisioner komisi informasi menjadi tim selesksi. Pasalnya, keberadaan komisi informasi bagi daerah dalam ruang lingkup Jawa Barat baru Kota dan Kabupaten Cirebon yang terbentuk. Oleh karena itu, pihaknya meminta penundaan tim seleksi karena dipastikan akan terbentur dengan anggaran. Dimana, kata dia, prestasi bagi komisi informasi Kabupaten Cirebon sendiri sampai saat ini terhitung mulai Januari 2017 telah mengerjakan 42 sengketa informasi.

“Percuma rasanya kalo memang dibentuk tim seleksi untuk penerimaan komisi informasi yang baru. Dilihat dari sudah ada saja, komisi informasi kurang diperhatikan. Sampe-sampe untuk datang ke Rakornas saja mereka harus patungan dari setiap anggotanya,” tuturnya. (CP-02)

Be the first to comment on "Komisioner Jabar, Tuding Pemkab dan DPRD Terlantarkan Komisi Informasi Daerah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*