Kepala BNN Kota Cirebon Sebut, Penyalahgunaan Narkoba 50% Pegawai

Foto : CP-06
Kepala BNN Kota Cirebon, AKBP Moh Syabli Noer.

KEJAKSAN – Peredaran narkoba setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Hal tersebut menjadi perhatian Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon untuk megawasi setiap celah agar dapat menekan peredarannya. BNN mencatat, 50% penyalahgunaan narkoba dilakukan oleh pegawai baik negeri maupun swasta.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon, AKBP Moh Syabli Noer kepada Cirebonpos, Rabu (26/7) mengatakan, sekitar 50 persen peyahalagunaan narkoba di Indonesia dilakukan oleh para pegawai, baik yang bekerja di instansi negeri maupun swasta. kemuduan, lanjut dia, secara umum terdapat tiga tahapan pengguna narkoba yakni, tahapan coba-coba, rutin, dan pecandu. Sedangkan kalang para pegawai, kebanyakan menjadi pengguna eksperimen dan rutin.

“Tekanan kerjaan yang cukup tinggi membuat mereka harus punya badan yang kuat. Mereka juga mudah stres. Kemudian mencoba memakai narkoba,” ungkapnya

Dirinya meminta kepada masyarakat yang sudah menjadi pecandu narkoba untuk segera di rehabilitasi. Sedangkan bagi yang belum pernah mencoba, untuk tidak mencoba-coba. Atas hal itu, BNN Kota Cirebon akan terus melakukan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN ) dikalangan para pekerja dan masyarakat.

”Hari ini kami melakukan sosialisasi dikalangan intansi vertikal dan horizontal dulu. Setelah ini, intansi swasta juga akan kami coba berikan sosialisasi,” jelasnya.

Lebih jauh, Syabli menerangkan, para perwakilan yang telah mendapatkan materi tentang P4GN diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan narkoba dengan mengajak orang sekitar.

“Saya sih berharap semua intansi memiliki spanduk peringatan tentang bahaya dari narkoba,” tambahnya.

Saat disinggung mengenai penyalahgunaan narkoba di Kota Cirebon, dirinya mengaku belum mengetahui persis jumlah tersebut. Pasalnya, hal tetsebut masih dalam kajian. Mengingat dirinya baru menjadi Kepala BNN Kota Cirebon.

“Dari penelitian saya yang terakhir, belum saya temukan angka pastinya. Kalau cuma berdasarkan desas-desus kan belum bisa kita jadikan acuan,” tuturnya.

Walau demikian, sambung Syabli, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah intansi terkait, seperti kepolisian untuk bersama berperang melawan penyalahgunaan narkoba. Dan dirinya meminta peran serta masyarakat untuk berpartispasi dalam mencegah peredaraan narkoba. (CP-06)

Be the first to comment on "Kepala BNN Kota Cirebon Sebut, Penyalahgunaan Narkoba 50% Pegawai"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*