Kedepankan Pelayanan, Dinkes Fokuskan Seluruh Puskesmas Terakreditasi

Foto : CP-06
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr Edy Sugiarto.

KESAMBI – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang masih proses akreditasi di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadi fokus Dinas Kesehatan untuk membuat Puskesmas menjadi lebih baik. Saat ini dari 22, baru 2 yang terakreditasi dan 8 diajukan terakreditasi. Sehingga tinggal 12 Puskesmas lagi akan diajukan ditahun 2018 mendatang. Tentunya dengan harapan pelayanan lebih maksimal kepada masyarakat lewat akreditasi Puskesmas di Kota Cirebon.

Kepala Dinkes Kota Cirebon, dr Edy Sugiarto mengatakan, pihaknya telah melebihi target Kemenkes dalam pengajuan akreditasi. Sebab, Kemenkes menargetkan minimal satu kecamatan harus satu Puskesmas yang diakreditasi. Sedangkan, kata dia, Kota Cirebon sudah 10 yang diajukan, dua akreditasi Madya dan delapan masih proses penilaian.

“Dari 22 Puskesmas yang ada. Sudah 10 yang ajukan akreditasi. Tinggal 12 Puskesmas lagi yang rencana akan diajukan pada tahun 2018 mendatang,” ungkap Edy kepada Cirebonpos, Selasa (26/12).

Edy pun mengharapkan pengajuan akreditasi itu bukan sebatas dapat penilaian. Namun lebih kepada peningkatan mutu dan pelayanan pasien serta penunjangan sarana dan prasarana (sarpras) dalam pelayanan.

“Makanya kami mendorong agar Puskesmas terus tingkatkan kualitas, mutu, dan kepuasan pasien,” kata Edy.

Edy menargetkan, tahun depan seluruh Puskesmas telah diakreditasi. Makanya saat ini 12 Puskesmas tengah mempersiapkan syarat agar akreditasi dasar menjadi Madya bisa terpenuhi seperti dua Puskesmas sebelumnya yang sudah lebih dulu. Bahkan, kata dia, Kota Cirebon mendapatkan presentasi kesehatan paling tinggi di Pulau Jawa, disusul Yogyakarta dan ketiga Semarang. Hal itu membuktikan bahwa Dinkes bersungguh-sungguh dalam peningkatan mutu dan kualitas pasien.

“Akreditasi itu dibagi menjadi empat yaitu dasar, madya, utama dan paripurna. Semua nilai itu mengutamakan kepuasan pasien, hingga fasilitas penunjangnya,” jelasnya.

Edy menuturkan, delapan Puskesmas yang diajukan tentu harus memenuhi lima syarat sesuai ketentuan dari tim akreditasi Puskesmas Kemenkes, yakni sarana dan prasarana, gedung, sistem, Standar Operasional Prosedur (SOP), dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kedepan semua fasilitas kesehatan harus diakreditasi. Dan prinsipnya pelayanan harus lebih baik, cepat dan lebih murah,” tandasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Kedepankan Pelayanan, Dinkes Fokuskan Seluruh Puskesmas Terakreditasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*