Jaga Biota Laut, Pemprov Jabar Bagikan 408 Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan

Foto : CP-06
SIMBOLIS. Perwakilam Kementerian Keluatan RI, Wakil Gubernur Jabar dan Walikota Cirebon secara simbolis bagikan alat tangkap ikan ramah lingkungan bagi nelayan, Kamis (12/10).

LEMAHWUNGKUK – Nelayan di Jawa Barat di minta mengganti alat tangkap ikan jenis cantrang dengan jenis Gill Net yang lebih ramah lingkungan. Atas hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat pagi tadi, membagikan 408 alat tangkap ramah lingkungan kepada nelayan yang memiliki perahu kecil atau di bawah 5 gros ton.

Wakil Gubernur Jawa Barat, H Dedi Mizwar mengatakan, nelayan banyak yang menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan seperti cantrang dan sebagainya. Alat tersebut, kata dia,
menyebabkan biota laut terganggu karena bukan hanya ikan besar yang ditangkap namun ikan kecil turut terbawa.

“Kami kirim 408 alat tangkap ramah lingkungan dari 1160 nelayan di Jawa Barat. Akan kami berikan secara bertahap mudah-mudahan akhir tahun bisa segera selesai, ” ujar Dedi Mizwar kepada awak media di Kejawanan Kota Cirebon, Kamis (12/10).

Meski belum seluruhnya terpenuhi, kata Demiz sapaan akrab Dedi Mizwar, namun Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan kementrian secara bertahap mengganti alat tangkap milik nelayan tersebut. Dengan demikian, kata dia, alat yang di gunakan nelayan tidak merusak biota laut sehingga kesejahteraan nelayan Jawa Barat akan berlangsung lama.

“Alat jenis Gill Net ini diameter lubangnya lebih besar jadi hanya bisa menangkap ikan yang besar saja, yang kecil tidak terbawa. Maka ikan yang kecil jika sudah besar bisa kembali
di tangkap hingga terus menerus. Jelas, ini bisa memberikan kehidupan hingga kepada anak cucu para nelayan,” paparnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Jaga Biota Laut, Pemprov Jabar Bagikan 408 Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*