Hanya Beri Rekomendasi Pemotongan, DPPKP Serahkan Soal RPA ke Dinas Lingkungan Hidup

Foto : Ist
Rumah Potong Ayam (RPA).

HARJAMUKTI – Rumah Pemotongan Ayam (RPA) Kesenden yang beberapa waktu mendapatkan kecaman dari masyarakat sekitar, hingga kini masih belum dapat terselesaikan dan ada solusinya. Koordinasi yang disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup soal RPA bersama DPPKP atas lingkungan dan polusi, dibantah Kepala DPPKP. Pasalnya, DPPKP hanya merekomendasikan soal pemotongan saja.

Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon, Maharani menyikapi persoalan tersebut, jika pihaknya selama ini hanya memiliki kewenangan sebatas merekomendasikan tentang teknis memotong. Menanggapi dari apa yang dikatakan oleh Dinas Lingkungan Hidup beberapa waktu yang lalu, bila Dinas Lingkungan Hidup sudah melakukan koordinasi berkaitan dengan limbah dan polusi dengan DPPKP, secara tegas Maharani mengatakan jika pihaknya tidak memiliki hak terkait limbah lingkungan.

“Kalo soal limbah bukan kami, itu tugas dari dinas lingkungan hidup,” ungkapnya.

Masih kata Maharani, persoalan polusi udara juga tidak ada dalam kewenangannya untuk menangani itu. Pihaknya hanya sebatas memeriksa ayam dan cara pemotongan yang sehat. Lalu disebutkan pula, berkaitan dengan soal lingkungan pihak pengusaha telah diperintahkan untuk membuat Ipal.

“Sampai sekarang rumah pemotongan itu belum beroperasi karena sedang membangun Ipal,” ucap Maharani.

Selain itu disebutka pula oleh pihaknya bila rumah pemotongan hewan yang berada dikawasan penduduk akan berpengaruh terhadap penduduk dan itu seperti yang yang terjadi dengan kondisi saat ini. Dikatakan pula olehnya, teknis pemotongan belum memenuhi standar aturan ditambah pula perlatan sebagai penunjang pemotongan masih dianggap belum higienis. Apalagi sanitasi lingkungan akan berpengaruh pula pada kehigienisan hewan yang hendak dipotong.

“Kehigienisan tempat pemotongan harus lebih ditingkatkan. Bila pengusaha berkenan dapat memotong ditempat penampungan RPA. Saya juga berharap kepada pengusaha untuk memotong dengan teknis yang benar dan harus sesuai syariat serta pembuangan limbah yang harus sesuai aturan antara yang padat dan yang cair,” ujarnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Hanya Beri Rekomendasi Pemotongan, DPPKP Serahkan Soal RPA ke Dinas Lingkungan Hidup"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*