H Dede Muharam Lc

Foto : Ist
H Dede Muharam Lc

P‪EMIMPIN ITU MELAYANI

HARJAMUKTI – Menjadi pemimpin memang harus memiliki bekal kecakapan dalam berbagai bidang. Apalagi pemimpin daerah salah satunya yang harus menerima masukan, kritik dan memberikan pelayanan bagi masyarakatnya dalam berbagai hal. Tentunya dibutuhkan kesiapan untuk bisa memberikan contoh dan pelayanan. Karena sosok pemimpin mutlak harus mampu mengelola segala aspek untuk bisa memberikan kontribusi nilai kebaikan kepada yang dipimpinnya.

Prinsip kuat bahwa setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawabannya, tentu harus menjadi pijakan dasar akan pentingnya bekerja jujur dan baik kepada yang dipimpinnya. Karena setiap kerja-kerja bukan dinilai dan hanya dilihat oleh masyarakat atau konstituen semata, melainkan Tuhan yang tentunya mutlak akan tetap mengawasi. Jika pondasi dasar tersebut ditanamkan, niscaya kebaikan, kenyamanan dan kesejahteraan bisa dinikmati oleh masyarakat khususnya dan yang dipimpinnya pada umumnya.

Atas hal itu, Kota Cirebon dimasa yang akan datang menurut H Dede Muharam Lc, yaitu kemauan pemerintah dalam melayani yang ada diri pemimpin daerah niscaya Allah memberikan keberkahan bagi Kota Cirebon. Hal tersebut, kata dia, dapat dimulai secara langsung oleh pucuk pimpinan Kota Cirebon yaitu Walikota. Ditambah dengan keikutsertaan bawahan agar masyarakat dapt terpenuhi seluruh kebutuhan dalam kaitannya pelayanan publik salah satunya. Bila seorang pemimpin dapat memberikan contoh keteladan oleh pimpinan lainnya, serta struktural dibawahnya pasti akan merasa takut melakukan salah.‬

‪”Saya kira selama ini untuk pencapaian dalam pelayanan publik masih sangat kurang. Karena masih banyaknya pelayanan yang berbelit-belit,” ungkapnya.‬

‪Selain itu menurutnya, ketika seorang pemimpin sudah memiliki dasar akan takutnya dengan Tuhan, maka kepemerintahan tidak perlu takut dengan KPK atau pemeriksa apapun. Sehingga pimpinan dibawah kepala daerah, tidak hanya takut pada pucuk pimpin akan tetapi jika takut maka kelak seorang pimpinan daerah beserta jajarannya akan diminta serta akan dituntut oleh Allah di akhirat. Tentunya dengan demikian maka pola kepemerintahan dapat bekerja secara amanah. Karena amanah itu didalamnya terdapat jiwa profesional, disiplin, intregritas yang kuat.‬

‪”Niscaya dengan menjalankan pola kepemerintahan dengan demikian maka pembangunan baik fisik ataupun infrastruktur maupun moril dan pendidikan rakyat Cirebon, menuju kota yang maju dan berperadaban niscaya akan tercapai,” tandasnya. (CP-02)

RIWAYAT HIDUP

Nama Lengkap : ‪H Dede Muharam, Lc
TTL                      : Cirebon, 5 November 1968
Alamat.               : Jalan Gunung Salak Raya No.106 Perumnas Kota Cirebon-Jawa Barat

Pendidikan :

1. SMAN 50 Jakarta, lulus tahun 1988
2. KMI Pondok Pesantren Darun Najah Ulujami Jakarta, lulus tahun 1991
3. S1 Universitas Al-Azhar Cairo Mesir Fakultas Ushuluddin, Jurusan Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur`an, lulus tahun 1998
4. S2 Zamalek Islamic Studies , Cairo Mesir (tidak tamat) 1998-1999

Piagam Penghargaan :

1. Piagam Penghargaan dari Gubernur Al-Gharbiyyah, Republik Arab Mesir atas Kontribusinya dalam rangka memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Mesir.

2. Piagam Penghargaan dari Direktur Olahraga dan Kepemudaan Provinsi Al-Gharbiyyah, Republik Arab Mesir atas kontribusinya dalam rangka memperkuat hubungan kepemudaan antara Indonesia dan Mesir.

3. Piagam Penghargaan dari Menteri Sekretaris Negara RI sebagai penerjemah (LO) atau pendamping untuk delegasi Senior dari Negara- Negara Arab dalam KTT Gerakan Non-Blok ke-10 yang diadakan di Jakarta.

4. Piagam Penghargaan dari Bapak Utoyo Usman, Menteri Kehakiman RI sebagai peserta kursus P4 dan pelatihan Kepemimpinan serta pemberdayaan PEMUDA tingkat Nasional.

5. Piagam Penghargaan dari Bapak Joop Ave, Menteri Pariwisata RI.

‪6. Piagam Penghargaan dari Kedubes RI di Cairo, Pelatih Group Angklung Indonesia pada Festival Internasional Musik Bambu III di El Ariesh Sinai Utara Mesir, 23 Juli 1994

Pengalaman Organisasi :

2009-2014 Ketua Islamic Center Kota Cirebon
2009-2014 Direktur Ma’had Dirasat Islamiyyah Cirebon
2009-2015 Ketua Yayasan Miftahul Ulum Sekar Kemuning Cirebon
2005-2010 Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cirebon Jawa Barat
2003-2007 Pendiri dan Kepala Sekolah Islam Terpadu Sekar Kemuning Cirebon (Islamic Boarding School)
1994-2001 Pimpinan Pondok Pesantren Madinatun Najah Cirebon
10 Oktober 1998 Penggagas Muktamar seminar dan keilmuan dan wawasan di Indonesia dan Mesir, di antaranya Seminar Umum “Akhlak dan Kepribadian Islami” untuk Mahasiswa Asing di Mesir.
1995 Peserta Muktamar Ikatan Pemuda Masjid se-Asia Tenggara.
1994 Ketua Umum Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Thanta-Mesir (PPMI Mesir)
1994 Penggagas dan Ketua Panitia Festival Budaya Indonesia “INDONESIAN TODAY” di Mesir
1994 Ikut serta dalam beberapa muktamar/conference dan seminar, baik nasional maupun internasional, di antaranya CONFERENCE DEWAN DAKWAH dan IGHATSAH‬ ISLAMIYAH (lembaga lembaga dakwah dan donor Islam) diselenggarakn di Cairo Mesir dan negara timur tengah lainnya.
1989-1992 Ketua Umum Yayasan Pendidikan “Pemuda” Jakarta
1985-1992 Anggota Ikatan Remaja Masjid Jakarta
1991-1992 Pernah menjadi staf pengajar Bahasa Arab dan Indonesia di Pondok Pesantren Darun Najah Ulujami, Jakarta

Karir :

• Owner Andalus City Islamic Convention & Business Centre, Kota Cirebon
• Owner (Direktur) Salam Tour (Umroh & Haji Plus) dari tahun 2008 sampai dengan sekarang. Salam Tour adalah travel resmi dengan SK Izin Kemenag RI No. D/771.
• Owner (Ketua) Yayasan Madani, Cirebon (Cirebon Islamic School Full Day), sampai dengan sekarang,
• Pendiri (Pimpinan) Pesantren Wirausaha Lan Taburo tahun 2007 sampai dengan sekarang,
• Owner Madani Laundry & Cleaning Service
• Owner ABG Export & Trading (handycraft dan rotan)
• Owner Andalus Depo Matrial
• Dan lain – lain.

Negara Yang Pernah Dikunjungi :

• Saudi Arabia lebih dari 40 kali kunjungan
• Mesir pernah menetap 6 tahun untuk kuliah (1992 – 1999)
• Jordan 2 kali kunjungan
• Turki 2 kali kunjungan
• Jerman 1 kali kunjungan
• Belanda 1 kali kunjungan
Belgia 1 kali kunjungan‬
‪• Prancis 2 kali kunjungan
• Swiss 1 kali kunjungan
• Italia 1 kali kunjungan
• Marocco 1 kali kunjungan
• Spanyol 1 kali kunjungan
• Malaysia 3 kali kunjungan
• Singapore 3 kali kunjungan
• Qatar 1 kali kunjungan
• Thailand 2 kali kunjungan‬

Be the first to comment on "H Dede Muharam Lc"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*