Dewan Desak Disdik Prioritaskan Pendidikan Wilayah Selatan Kota

Foto : Ist Pendidikan Kota Cirebon belum maksimal.

Foto : Ist
Pendidikan Kota Cirebon belum maksimal.

CIREBON – Dalam rangka pemerataan pendidikan di Kota Cirebon, Anggota komisi C DPRD meminta Pemerintah Kota melalui Dinas Pendidikan (Disdik) membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah selatan. Hal ini dilakukan, untuk lebih mendekatkan sekolah pada siswa yang masih kesulitan akses memadai.

Anggota Komisi C DPRD Kota Cirebon,  Jafarudin kepada Cirebonpos mengungkapkan, memang dari tahun kemarin ada rencana untuk Pembangunan sekolah menegah kejuruan baru di wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Pihaknya mendesak pemerintah kota khususnya Dinas Pendidikan untuk menyegerakan pembangunan SMK baru. Dan kalau bisa, kata dia, sekolah swasta diusahakan menjadi negeri atau bisa SMK negeri. Seokal tersebut harusnya di perbanyak, minimalnya per wilayah ada sekolah SMK sebagai pemerataan pendidikan di Kota Cirebon.

“Minimalnya harus ada sekolah SMK baru yang ditanggung pemerintah di wilayah selatan kota. Ini semua demi pemerataan siswa bisa sekolah semua,” katanya.

Dinas Pendidikan sendiri kata Jafarudin, harus memberikan pandangan kepada masyarakat bahwa sekolah-sekolah di wilayah itu menjadi unggulan agar tidak numpuk di tengah kota. Hal ini, jangan sampai over load jumlah siswa di kelas tertentu, kalau berlebih dari itu memang tidak sehat. Bahkan, malah menambah ruangan baru yang tidak efektif, dari pada anggaran untuk menambah ruangan lebih baik dilimpahkan membuat sekolah negeri baru.  Hal ini harus secepatnya dilakukan, karena kebutuhan sekolah di Kota Cirebon, khususnya mengembangkan pendidikan di sekitar Harjamukti dan sekitar Argasunya.

“Khususnya di sekitar Argasunya harus dibangun sekolah baru yang bisa menampung warganya. Ini demi pemerataan pendidikan di Kota Cirebon juga,” ujarnya.

Dinas Pendidikan, kata dia, harusnya mempunyai tanggung jawab penuh di dunia pendidikan. Dan semua ini tidak akan ada kesulitan kalau memang benar-benar niatnya untuk memajukan dunia pendidikan di Kota cirebon. Dan hal itu juga adanya dukungan promosi oleh dinas atas sekolah yang mempunyai kelebihan seperti SMP 17, SMP 18, SMP 8, SMP 9, SMA 9 dan lainnya. Dan pemerintah kota juga, harus memastikan masyarakat disana diutamakan bisa sekolah dan lokasinya yang dekat dengan rumah siswa agar biayanya juga terjanggak dan tidak membebani perekonomian warga.

“Ini butuh keseriusan dari Dinas Pendidikan untuk membina dan juga mengembangkan sekolah, khususnya yang berada dipinggiran kota,” pungkasnya. (CP-06)

 

Be the first to comment on "Dewan Desak Disdik Prioritaskan Pendidikan Wilayah Selatan Kota"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*