BNN Minta Pejabat dan PNS Kota Cirebon Segera Tes Urine

Foto : CP-02 Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon melalui Kepala Sesksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Sidik Lingga Kusuma ditemui di tempat kerjanya.

Foto : CP-02
Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon melalui Kepala Sesksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Sidik Lingga Kusuma ditemui di tempat kerjanya.

KESAMBI – Meski di Kota Cirebon belum ditemukan pejabat yang menggunakan narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) berharap pejabat dan PNS bisa di tes urine. Hal ini sesuai dengan himbauan Kemendagri di beberapa daerah agar segera melakukan cek urine. Meskipun dalam pelaksanaannya harus ada permintaan dan persetujuan dari instansi terkait. Mengingat, BNN selama ini hanya penyuluhan dan advokasi semata yang dilakukan.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon melalui Kepala Sesksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Sidik Lingga Kusuma ditemui di tempat kerjanya mengatakan, sampai saat ini pihaknya hanya melakukan penyuluhan dan advokasi saja. Dan dalam penyuluhan pun hanya sebatas memberikan satu pemahaman kepada audiens semata, belum secara khusus kepada para PNS. Untuk melakukan tes urine sendiri, kata dia, masih menunggu permintaan dan persetujuan dari instansi terkait. Secara otomatis pihaknya tak mampu melakukan tes urine secara sepihak, jika belum ada usulan dari pihak terkait. Ketika ditanya apakah ada tidaknya pegawai negeri sipil yang tersandung masalah penyakit masyarakat ini, dirinya menuturkan, saat ini belum pernah malakukan tes urine khusunya kepada para PNS. Sehingga belum ada data soal PNS yang menggunakan narkoba.

“Sebenarnya ingin mengadakan tes urine bagi para PNS bagi pegawainya. Tetapi sampai saat ini masih menunggu dari dinas yang ingin melakukan tes urine,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya menegaskan Kementerian Dalam Negeri sudah menghimbau kepada daerah untuk melakukan tes urine bagi pegawai negeri sipil. Sidik pun mengatakan, tidak menutup kemungkinan ada pegawai negeri sipil yang menggunakan narkotika karena dari beberapa daerah sudah ada kasus seperti itu.

“Temuan di lapangan pun belum ada dari PNS. Karena sidak belum pernah dan kami pun punya kewenangan menyidak. Kan harus menunggu instruksi dari pimpinan kami. Karena BNN lembaga vertikal ” ujarnya. (CP-02)

 

Be the first to comment on "BNN Minta Pejabat dan PNS Kota Cirebon Segera Tes Urine"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*