Belum Bahas Tawaran Golkar, Gerindra Tetap Optimis Bidik E1 di Koalisi Umat

Foto : CP-06
Ketua DPC Gerindra Kota Cirebon, H Eman Suleman.

HARJAMUKTI – Meskipun Partai Golkar menawarkan kepada Koalisi Umat (Gerindra, PAN, dan PKS) jika diminta untuk posisi E1 Brigjen Siswandi dan posisi E2 Toto Sunanto, Partai Gerindra tetap mematok target bahwa calon yang akan ditempatkan di posisi E1 dari partainya. Meskipun tidak menutup kemungkinan calon dari luar jika memiliki peluang menang besar, maka akan didukung oleh Koalisi Umat atas persetujuan bersama tentunya.

Ketua DPC Partai Gerindra, H Eman Sulaeman kepada Cirebonpos, Selasa (5/12) mengungkapkan, Koalisi Umat belum sempat membahasa bersama terkait tawaran Golkar tersebut. Karena Ketua DPD PKS dan Sekretaris DPC Gerindra sedang melaksanakan ibadah umroh. Namun, baik PAN, PKS, dan Gerindra, masing-masing sedang membuat mekanisme dalam penentuan calon yang akan diusung dimana partai Gerindra menginginkan calonnya di posisi E1. Pihaknya membangun koalisi umat dengan 9 kursi berdasarkan keinginan yang sama dari setiap partai.

“Boleh dong kita merencanakan posisi E1 untuk Gerindra. Jika memang mumpuni, bisa saja calon dari luar didukung kalau mumpuni juga. Semua dilihat dari mekasnisme yang dibuat bersama,” ujar Eman.

Eman menyebutkan, didalam mekanisme, nantinya ada poin-poin yang disepakati, seperti kriteria, peluang menang, popularitas, serta elektabilitas. Intinya, kata dia, parati dan calon siapapun yang akan bergabung dengan koalisi umat harus mengikuti mekanisme yang ada di Koalisi Umat. Jika calon diluar dari koalisi umat yang lebih mumpuni dan berpeluang menang, pihaknya akan bicarakan didalam koalisi.

“Mekanisme tetap sesuai apa yang ada di Koalisi Umat, kita kan punya aturan main. Kalau ikut yang diluar, buat apa kita membuat koalisi,” ungkapnya.

Eman menuturkan, keinginan dan tawaran Golkar akan pihaknya bicarakan dan membuat aturan serta kesepakatan kedepannya. E1 Siswandi dan E2 Toto Sunanto menjadi bahan pembahasan didalam Koalisi Umat. Selain itu, Gerindra pun sedang membahas terkait bakal calon di internal Gerindra. Rekomendasi untuk bakal calon di Gerindra akan muncul minggu ke dua bulan Desember ini. Dirinya menyakini bakal calon yang mendapat rekomendasi akan langsung dipanggil ke DPP.

“Kemungkinan Yang direkom akan dipanggil ke jakarta mas,” tuturnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Belum Bahas Tawaran Golkar, Gerindra Tetap Optimis Bidik E1 di Koalisi Umat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*