Bantah Pengawasan Kendor, KSOP Ngaku Sudah Tegur Pelindo dan PBM Soal Debu Batu Bara

Foto : Ist
Pelabuhan Cirebon.

KEJAKSAN – Setelah sebelumnya Forum Ketua RW Kelurahan Panjunan resah dengan debu batu bara yang sudah kembali meresahkan masyarakat di sekitar pelabuhan. Hal tersebut langsung direspon oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Cirebon bahwa sudah mengirim teguran kepada Pelindo dan Pengusaha Bongkar Muat (PBM) atas debu tersebut.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Cirebon, Revolindo kepada Cirebonpos, Kamis (10/8) mengungkapkan,  pihaknya sudah mengontrol secara intens atas aktivitas bongkar muat batu bara. Dan pihaknya sudah meminta kepada pengusaha bongkar muat batu bara untuk melakukan penyiraman secara intens baik pada saat bongkar muat dan pengiriman. Dirinya sudah melakukan pertemuan dengan para pengusaha batu bara untuk melakukan pembersihan dan pembasahan.

“Bukan pengawasan yang kendor, pengawasan tetap, dan memang cuaca saat ini sedang panas dan angin kencang. Jadi, debunya berterbangan dan banyak antrian yang mengakibatkan batu bara terbakar dan menhasilkan bau yang menyengat,” ungkapnya.

Revo memastikan, pihaknya sudah atasi semua itu, seperti salah satunya debit air untuk penyiraman ditambah. Pihaknya upayakan ketika keluar dari pelabuhan kendaraan pengangkut batu bara sudah bersih. Saat ini, pihaknya sedang menekan pihak Pelindo dan perusahaan bongkar muat sehingga lebih intens penyiraman air yang biasa 3 jam sekali. Saat ini 2 jam sekali kalau masih kering akan dilakukan 1 jam sekali.

“Boleh liat ke Pelabuhan, baik Pelindo dan pengusaha sudah melakukan upaya-upaya untuk meminimalisir debu,” ujarnya.

Revo memastikan, sudah memberikan teguran kepada Pelindo dan para pengusaha, namun baru sebatas lisan. Terkait debu atas bongkar muat bahan baku semen dan bahan baku gypsum, pihaknya tetap menangani itu dimana ketika angin kencang tidak boleh beraktifitas bongkar muat. Kalau terkait bahaya, harus memerlukan kajian yang mendalam, dan gak bisa hanya disebutkan lebih berbahaya karena belum ada kajian.

“Kami sudah melakukan pertemuan sebanyak 2 kali untuk menegur PBM dan Pelindo agar¬† terus melakukan kontrol atas bongkar muat tersebut,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Bantah Pengawasan Kendor, KSOP Ngaku Sudah Tegur Pelindo dan PBM Soal Debu Batu Bara"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*