Bangunan Hotel Samping Rumah Dinas Walikota Tak Pantas

Foto : CP-02 HOTEL LAGI. Salah satu bangunan hotel baru di samping rumah dinas walikota yang sedang dibangun.

Foto : CP-02
HOTEL LAGI. Salah satu bangunan hotel baru di samping rumah dinas walikota yang sedang dibangun.

CIREBON – Pembangunan hotel disamping rumah dinas Walikota Cirebon, menurut Kepala Disbudparpora kurang layak. Harusnya lebih difokuskan untuk daerah pemerintahan, bukan mengedepankan jasa. Apalagi bersebelahan dengan rumah dinas orang nomor satu di kota ini.

Kepala Disbudparpora Kota Cirebon, Dana Kartiman menyatakan, jika pembangunan hotel tersebut dirasa kurang cocok meskipun dalam rencana tata ruang wilayah jalan Siliwangi sebagai kawasan jasa. Namun menurutnya, kata dia, lebih baik lagi pada kawasan tersebut difokuskan untuk pemerintahan. Jika hotel Prima dijadikan titik acuan pembanguna itu, kata dia, tidak dibenarkan karena hotel Prima sudah ada sebelum RPJD 2011 yang disahkan oleh Walikota terdahulu pada zaman Subardi. Jika pada lokasi tersebut dibangun hotel yang baru, apalagi tepat di samping rumah dinas Walikota. Apalagi melihat dengan kerapatan bangunan yang ada itu berbeda jauh jika dibandingkan kota-kota besar yang sudah memiliki gedung-gedung bertingkat.

“Harusnya kalau mau membangun gedung apalagi hotel dengan tinggi 6 lantai harusnya dikasih jarak. Jangan terlalu rapat dengan rumah dinas walikota. Menurut saya itu kurang cocok lokasinya,” ujarnya.

Meskipun sudah masuk dalam tahap pembangunan, kata dia, harusnya mengedepankan keamanan jika terjadi bencana alam dan bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan diharapkan lebih memikirkan keamanan Walikota. Karena Walikota adalah orang nomor satu di Kota Cirebon. Pihaknya berharap dari kontraktor pembangunan hotel harus memikirkan ketahanan bangunan agar tidak membahayakan bangunan disampingnya.

“Walikota kan pimpinan daerah, harusnya lebih dikedepankan keamanan dan kenyamanannya. Ini sih bangunan hotel rapat sekali dengan rumah dinas walikota,” ungkapnya. (CP-02)

Be the first to comment on "Bangunan Hotel Samping Rumah Dinas Walikota Tak Pantas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*