Antisipasi Penyakit Demam Berdarah di Musim Penghujan, Jafarudin Gelar Sidak ke Puskesmas Nelayan

Foto : CP-06
SIDAK. Anggota Komisi III DPRD, Jafarudin gelar sidak ke Puskesmas Nelayan antisipasi penyakit di musim penghukan di 2 RW, Rabu (29/11).

KEJAKSAN – Anggota Komisi III DPRD Kota Cirebon, Jafarudin melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa Puskesmas Nelayan. Hal itu dilakukan guna mengetahui pelayanan puskesmas kepada masyarakat. Pasalnya, memasuki musim penghujan banyak masyarakat yang terkena penyakit, seperti Demam Berdarah (DB), Cacar, Flu, serta Panas dingin.

Dalam sidaknya tersebut, ditemukan khususnya di wilayah cakupan Puskesmas Nelayan di kelurahan kebon baru melakukan fokus di 2 RW yang endemis penyakit DB, yakni di RW 02 dan RW 06 Tanda Barat yang sering terjadi kasus Demam Berdarah, baik yang terjadi pada anak-anak maupun pada remaja.

Petugas Sanitasi Puskesmas Nelayan, Yusi Suprihatini kepada awak media mengatakan, memasuki musim hujan ini, nyamuk pengantar penyakit demam berdarah jumlahnya terus meningkat. Pasalnya, hujan yang tidak berhenti dalam waktu lama bisa menimbulkan genangan air yang berpotensi untuk digunakan sebagai tempat berkembangbiaknya nyamuk demam berdarah.

“Jaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Kemudian pastikan menutup semua tempat penampungan air agar tidak menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk,” ujar Yusi, Rabu (29/11).

Yusi menyebutkan, wilayah cakupan Puskesmas Nelayan sampai saat ini belum ada warga yang terjangkit penyakit Demam Berdarah. Akan tetapi, di Kelurahan ada dua RW yang endemis penyakit DBD, yakni RW 02 dan RW 06 sehingga pihaknya terus melakukan pengontrolan lingkungan. Misalnya, kata dia, ketika ada masyarakat yang terkena DB. Pihaknya pun langsung memeriksa tetangganya baik yang di samping rumah maupun yang di depan dan belakang rumah tersebut.

“Kami terus melakukan pantauan kepada warga dan memberikan masukan untuk melakukan pengehentian berkembang biaknya nyamuk DB” paparnya.

Sementara itu, Angoota Komisi III DPRD Kota Cirebon, Jafarudin mengatakan, dirinya menghimbau kepada Dinas kmKesehatan melalui Puskesmas Nelayan untuk melakukan upaya pencegaha terhadap dua RW yang masuk dalam endemis penyakit tersebut untuk dilakukan foging sebelum masa penularaan (SMP).

“Foging SMP akan segera dlakukan rencana akan dilakukan hari pada tanggal 4 Desember besok.  Kalau ada kasus, saya langsung meminta untuk dilakukan foging,” ujar Jafar.

Jafar menghimbau bahwa masyarakat untuk bisa membersihkan lingkungannya sehingga bisa terhindar dari penyakit DB yang akan bisa menjagkit siapapun. Apalagi musim hujan yang akan lama membuat resiko penyakit DB tinggi. Oleh karena itu, lanjut Jafar, dinas kesehatan harus segera melakukan pencegahan-pencegahan di masyrakat agar masyarakat bisa terhindar dari penyakit DB.

“Dinas Kssehatan harus gerak cepat turun ke masyrakat. Jangan sampai sudah ada korban, baru gerak,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Antisipasi Penyakit Demam Berdarah di Musim Penghujan, Jafarudin Gelar Sidak ke Puskesmas Nelayan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*